Botol Susu Picu Kegemukan Anak

Kompas.com - 06/05/2011, 08:25 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Anak yang minum dari botol susu hingga umur 2 tahun berisiko kegemukan 30 persen lebih tinggi pada usia 5 tahun daripada anak yang minum dari gelas.

Pemakaian botol susu mendorong konsumsi kalori berlebih. Karena itu, sejak anak berusia enam bulan perlu dikenalkan minum dari gelas dan penggunaan botol susu dihentikan sejak anak 1 tahun.

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Pediatrics itu menganalisis 7.000 anak di seluruh Amerika Serikat. Rachel Gooze, salah satu peneliti dari Pusat Penelitian Obesitas dan Pendidikan, Universitas Temple, Philadelphia, mengatakan kepada BBC, Kamis (5/5/2011), anak perempuan berumur 2 tahun dengan berat dan tinggi badan seimbang yang menggunakan botol susu berkapasitas 8 ounce (sekitar 250 gram) akan menerima kelebihan kalori hingga 12 persen dari yang dibutuhkan dalam satu hari. (BBC/MZW)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.