Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Muda Juga Bisa Keropos Tulang

Kompas.com - 09/05/2011, 11:14 WIB

Kompas.com - Berkurangnya kepadatan tulang atau osteoporosis memang lebih banyak diderita orang berusia lanjut. Namun perempuan berusia dua atau tiga puluhan pun dapat terkena osteoporosis, meski hal itu jarang terjadi.

Osteoporosis yang diderita orang muda pada umumnya berkaitan dengan kelainan hormon, gizi serta pengaruh obat yang dikonsumsi jangka panjang. "Misalnya mereka minum obat-obatan steorid seperti obat asma atau obat rematik," kata dr.Elida Ilyas, Sp.RM, dari FKUI/RSCM Jakarta.

Faktor lain yang juga berpengaruh adalah kebiasaan makan makanan tidak sehat, kurang olahraga, merokok, terlalu kegemukan, serta kekurangan kalsium. "Orang yang tidak terbiasa minum susu juga bisa mengalami keropos tulang karena susu sangat kaya akan kalsium," katanya.

Cara memiliki tulang sehat dan kuat -selain menerapkan gaya hidup sehat- adalah mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang yang memenuhi kebutuhan nutrisi dengan unsur kaya serat, rendah lemak, dan kaya kalsium.      Di Indonesia, asupan kalsium masyarakat dinilai masih rendah. Hingga kini, konsumsi kalsium rata-rata masyarakat Indonesia diketahui sekitar 254 mg per hari, masih jauh di bawah standar internasional yang menyarankan konsumsi kalsium  untuk orang dewasa sebesar 1.000-1.200 mg per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com