Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aromaterapi Melepaskan Emosi Negatif

Kompas.com - 09/05/2011, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Aromaterapi bukan sekadar wewangian menyejukkan pikiran yang aromanya merebak ke seluruh ruangan. Selain dihirup, dengan adanya pembakaran minyak esensial dalam sebuah wadah, minyak esensial sebagai aromaterapi juga bisa dibalurkan ke tubuh melalui pijatan. Pendekatan aromaterapi holistik inilah yang mampu memengaruhi emosi hingga memori. Hingga pada akhirnya, tubuh lebih relaks, dan bahkan bisa membantu menyembuhkan diri sendiri dari berbagai gangguan fisik. Karena pada dasarnya masalah fisik juga dipengaruhi gangguan emosi. 

Holistik Aromaterapis Rina Poerwadi menjelaskan aromaterapi holistik tak sekadar menenangkan, namun juga menjadi cara penyembuhan diri sendiri. Penyembuhan diri ini memengaruhi kesehatan seseorang.

"Mengapa aromaterapi membuat Anda merasa lebih nyaman? Selain minyak esensial ini memiliki aroma yang menyenangkan dan menenangkan, ada aroma tertentu yang memang bisa membangkitkan memori yang tersimpan. Aroma ini membangkitkan kenangan dalam pikiran. Aroma tertentu ini memengaruhi emosi dan bagaimana hubungannya dengan memori tersebut. Kalau hubungannya tidak bagus, seseorang akan membenci aroma tersebut. Lalu memorinya mengenai sesuatu terkait dengan hal yang tidak disukainya itu akan muncul. Memori inilah yang akan membantu penyembuhan diri seseorang," jelas Rina saat ditemui Kompas Female di Tirtayu Healing Center, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Rina, aromaterapi holistik membantu seseorang melepaskan emosi tertentu yang disimpan dalam dirinya. "Trauma, dendam, ini adalah sampah dalam tubuh yang harus dilepaskan," lanjutnya.

Seseorang yang memiliki masalah emosi dalam dirinya membutuhkan bantuan orang lain untuk berbagi cerita. Memilih teman berbagi dari kalangan profesional akan lebih membantu. Tak sedikit orang yang tak siap dengan reaksi teman saat berbagi masalah emosi pribadi. Datang ke terapis menjadi salah satu caranya. Saat meminta bantuan profesional, hasilnya akan lebih efektif, jika individu datang dengan didorong oleh kemauan sendiri. Artinya, ia datang dengan kesadaran dari dalam diri untuk menyembuhkan diri sendiri, demi mendapatkan kehidupan yang lebih seimbang, fisik dan emosi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com