Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelas kASIh Ibu Sukseskan Pemberian ASI

Kompas.com - 12/05/2011, 08:29 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Rumah Saki Ibu dan Anak (RSIA) Kemang Medical Care, meresmikan kelas perdana kASIh ibu, yakni sebuah kelompok pendukung ASI yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, ibu sedang menyusui dan ibu yang berhasil memberikan ASI ekslusif bagi buah hatinya.

Menurut Mia Susanto,  Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Rumah Sakit Kemang Medical Care telah menjalankan visi dan misi sebagai rumah sakit yang mendukung gerakan menyusui dengan memberikan kesempatan kepada ibu melahirkan untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan menerapkan rooming in (rawat gabung) di kamar perawatan pasca persalinan.

"kASIh ibu dibentuk sebagai langkah konkret dari langkah ke 10 dari 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM)," kata Mia, usai peresmian kelas kASIh ibu, di Kemang Medical Care, Selasa, (11/5/2011).

Kelas tersebut nantinya diharapkan dapat mendorong pembentukan kelompok pendukung ASI serta menganjurkan ibu yang baru melahirkan untuk bergabung dengan kelompok ini ketika sudah keluar dari rumah sakit atau klinik.

"Kelas kASIh ibu akan menjadi tempat yang menjembatani para (calon) ibu untuk saling berbagi, mendapatkan informasi dan sebuah proses belajar aktif dan saling berkomunikasi tentang ASI," jelasnya.

Mia menambahkan, kASIh ibu bukan sekedar untuk mengajarkan tetapi juga memfasilitasi para (calon) ibu untuk saling berbagi dan membantu para ibu tentang bagaimana mereka berhasil memberikan ASI kepada buah hatinya dengan segala kendala dan tantangan yang ada.

Perlu diketahui, para ibu nantinya akan memiliki bekal tentang pemberian ASI yang tepat dan benar dari para fasilitator yang juga adalah ibu menyusui dan merupakan anggota AIMI.

Mia mengaku bahwa sebenarnya sudah banyak rumah sakit yang menawarkan kerjasama dengan AIMI. Namun sayangnya, banyak di antara mereka belum menerapkan 10 LMKM, sebagaimana yang diharapkan AIMI.

"Sebagai organisasi yang berkecimpung di bidang ASI, kita memang harus selektif untuk menjalin kerjasama dengan pihak Rumah Sakit, karena kita harus yakin bahwa Rumah Sakit itu menjalankan 10 LMKM," tegasnya.

Febria B. Silaen, Manager Marketing RSIA Kemang Medical Care mengatakan, kelas kASIh ibu akan berlangsung setiap hari Rabu, minggu ke-II dan IV, pukul 15.00 WIB-16.00 bertempat di ruang kASIh ibu. "Untuk jumlah pesertanya, kita batasi 12 orang setiap kelasnya, dan ini terbuka untuk umum. Khusus untuk anggota AIMI akan mendapat potongan harga," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com