Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Flu untuk yang Berisiko Tinggi

Kompas.com - 12/05/2011, 14:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Vaksin flubio merupakan salah satu produk terbaru PT Bio Farma yang dikembangkan para peneliti saat influenza mewabah di Indonesia. Vaksin ini direkomendasikan untuk mereka yang berisiko tinggi dalam pencegahan terhadap virus influenza tipe A (H1N1), tipe B (H3N2), dan tipe C.

"Vaksin flu ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang berisiko tinggi, seperti para manula, pekerja kesehatan, orang yang sering traveling, orang yang kekebalan tubuhnya rendah, juga orang dengan kesibukan tinggi seperti wartawan," kata N Nurlaela, Kepala Bagian Public Relations PT Bio Farma, di sela-sela acara seminar "Kemandirian Industri Vaksin Nasional" di Wisma Antara, Kamis (12/5/2011).

Kendati begitu, ada juga orang yang tidak disarankan untuk tidak menerima vaksin flu ini, misalnya orang yang memiliki riwayat alergi terhadap vaksin flu sebelumnya atau alergi telur, penderita Guillen-Barre Syndrome, anak di bawah usia 6 bulan, dan ibu hamil.

Di pasaran vaksin, flubio ini dijual dengan kisaran harga Rp 100.000. Vaksin ini perlu mendapat ulangan setahun sekali.

Pada kesempatan tersebut, PT Bio Farma juga memberikan kesempatan kepada puluhan wartawan untuk mendapatkan vaksin flubio secara cuma-cuma. Pemberian vaksin ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh wartawan yang memiliki tingkat aktivitas cukup tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com