Indonesia Kembangkan Vaksin Dengue

Kompas.com - 12/05/2011, 17:19 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes) saat ini sedang mengembangkan vaksin dengue untuk pencegahan penyakit demam berdarah dengue yang ditargetkan siap diproduksi tahun 2015.

"Pengembangan prototipe vaksin dengue saat ini masih dalam tahap pengembangan dan optimasi sebelum mendapatkan kandidat vaksin. Prosesnya cukup panjang namun kami juga sedang mendaftarkan patennya," kata Ondri Dwi Sampurno, Kepala Pusat Biomedik Balitbangkes di Jakarta (12/5/2011).

Ia mengatakan, strain virus yang dipakai dalam riset vaksin ini adalah strain asli Indonesia. "Kami mendaftarkan patennya untuk melindungi kekayaan hayati lokal," katanya sesuai acara seminar Kemandirian Industri Vaksin Nasional hari ini.

Vaksin dengue yang dikembangkan ini merupakan strain virus DEN 1. Namun nantinya vaksin yang dibuat merupakan kombinasi DEN 1-4 karena seluruh tipe itu ada di Indonesia.

"Tahun depan kami targetkan vaksin ini bisa diujicoba pada binatang," jelas Ondri.

Saat ini, menurut Ondri sudah ada perusahaan farmasi multinasional yang juga mengembangkan vaksin dengue dengan penelitian di Indonesia. "Tapi mereka bekerja sama dengan peneliti kita," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.