Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsultasi Masalah Rambut Tak Cukup Hanya di Salon

Kompas.com - 18/05/2011, 14:55 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang bermasalah dengan ketombe dan rambut rontok. Data dari Unilever menyebutkan, 60 persen orang di dunia bermasalah dengan ketombe dan masalah kulit kepala lainnya. Meski begitu, banyak juga orang yang salah kaprah menyikapi masalah rambut ini.

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa masalah sebenarnya bukan pada rambut, melainkan terletak pada kulit kepala. Minimnya informasi membuat banyak orang mengonsultasikan masalah ketombe dan rambut rontok, hanya kepada penata rambut di salon. Padahal, tak semua masalah bisa diatasi di salon. Campur tangan dokter kulit dibutuhkan untuk masalah kulit kepala yang kompleks.

Michael Zimbalist, ahli tata rambut mengatakan, banyak pelanggan yang berkonsultasi seputar masalah rambut kepadanya. "Biasanya saya bantu sebatas pengetahuan saya. Kalau masalahnya sudah kompleks, saya akan sarankan untuk menemui dokter kulit," ujar Michael dalam temu media bersama Clear di Social House, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (16/5/2011) lalu.

Tak ada salahnya mengonsultasikan masalah rambut dan kulit kepala ke penata rambut, lanjut Zimbalist. Namun, apabila masalah rambut sudah semakin kompleks, sebaiknya Anda menemui dokter kulit, sarannya.

Kapan saatnya ke dokter kulit?

Pada acara yang sama, dokter Hendra Wong, Kepala Bagian Penyakit Kulit Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) mengatakan, apabila jumlah rambut rontok melebihi 100 helai dalam 24 jam, maka Anda wajib memeriksakan diri ke dokter kulit.

"Selain itu, kalau ketombe sudah tidak terkontrol, kulit kepala mulai bersisik, maka Anda wajib ke dokter kulit. Apalagi jika sisiknya semakin banyak dan besar hingga merambat ke alis. Kulit kepala yang bersisik semakin melebar biasanya terjadi karena terlalu banyak digaruk," tambah dr Hendra yang juga Ketua Himpunan Ilmuwan Kosmetika Indonesia.

Jika Anda menemui sejumlah tanda ini pada rambut, sebaiknya jangan hanya mengandalkan salon untuk memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala. Anda perlu segera berkonsultasi pada dokter kulit. Selanjutnya, mulailah merawat kulit kepala lebih baik agar terhindar dari masalah yang sama. "Rawatlah kulit kepala agar terhindar dari permasalahan rambut. Karena masalah kulit kepala merupakan akar dari semua masalah rambut," tandas dr Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com