5 Ritual yang Menyehatkan Kulit Kepala

Kompas.com - 18/05/2011, 15:34 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Masalah kerontokan rambut dan ketombe berakar dari kulit kepala tak sehat. Kenali penyebab masalah rambut dan cara tepat untuk merawat kulit kepala. Kemudian lakukan sejumlah ritual wajib agar rambut sehat dan kulit kepala lebih terawat.

Banyak faktor yang memengaruhi terjadinya ketombe dan rambut rontok berlebihan. Dokter Susi Wang, pakar kulit dan rambut mengatakan, masalah ketombe dan kulit kepala lainnya bisa terjadi karena faktor genetik, hormonal, makanan, gaya hidup, dan aktivitas berlebihan.

Perlu juga dipahami, kata dr Susi, kondisi kulit kepala perempuan dan laki-laki juga berbeda. "Kulit kepala perempuan lebih kuat dari laki-laki. Namun sistem di kulit kepala perempuan lebih banyak mengalami gangguan dan bermasalah karena terlalu banyak manipulasi, atau banyak menggunakan produk-produk perawatan yang mengandung banyak bahan kimia. Sedangkan pria, lebih mudah berketombe karena cenderung lebih mudah berminyak. Pria juga memiliki gaya hidup yang lebih aktif dan tingkat stres yang lebih tinggi. Selain juga karena pria lebih banyak menggunakan helm sehingga membuat kulit kepala lembab," jelas dr Susi saat temu media bersama Clear di Social House, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (16/5/2011) lalu.

Nah, jika sudah memahami kondisi kulit kepala, lakukan perawatan rutin harian, seperti disarankan para pakar berikut ini.

Cuci rambut setiap hari

Jika sudah mengenali penyebabnya, lakukan perawatan tepat untuk kulit kepala. Mulailah dengan kebersihan rambut dan kulit kepala. Sebaiknya cuci rambut setiap hari, saran dr Susi.

Hindari kontak langsung dengan sinar matahari

Pada acara yang sama, Ketua Himpunan Ilmuwan Kosmetika Indonesia, dr Hendra Wong menambahkan, menghindari kontak langsung dengan sinar matahari juga bisa menjadi cara merawat kulit kepala. Jika terpaksa berhadapan dengan sinar matahari, maka usahakan menggunakan tutup kepala, sarannya.

"Tutup kepala juga harus diperhatikan dari jenis kainnya, apakah mudah menimbulkan keringat. Perhatikan juga dari lamanya kepala tertutupi oleh penutup kepala," tambah dr Hendra.

Makan buah, sayur, dan istirahat cukup

Asupan nutrisi dan istirahat yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala. "Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Ini adalah cara perawatan paling sederhana dari dalam tubuh. Istirahat atau tidur yang cukup juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala," lanjut dr Hendra.

Menggunakan produk perawatan rambut yang tepat
Michael Zimbalist, spesialis rambut menambahkan, penggunaan produk-produk perawatan rambut yang tepat bisa membantu masalah kulit kepala.

"Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana menggunakan kondisioner, wax, hair spray yang baik. Cara penggunaan produk perawatan rambut yang keliru justru merusak rambut, sehingga rambut tak lagi indah," jelas Michael.

Selain memperhatikan cara menggunakan produk untuk rambut, yang harus diperhatikan juga adalah kandungan dari produk.  "Coba perhatikan bahan dasar shampo, kondisioner, bahkan cat rambut, hair spray, apakah kandungannya membahayakan kulit kepala kita. Terutama untuk yang kulit kepalanya sensitif, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan produk tertentu," jelas Michael.

Rajin menyisir rambut
Kebiasaan menyisir rambut ternyata punya banyak manfaat. Michael menyarankan untuk lebih sering menyisir rambut karena kebiasaan ini membantu memperlancar peredaran darah.

"Menyisir itu bukan hanya untuk merapikan rambut, tapi juga untuk memperlancar peredaran darah. Jadi jangan sepelekan menyisir rambut, terutama laki-laki. Kalau perempuan saya yakin tidak disuruh juga pasti selalu bawa sisir," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.