Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendah, Penggunaan Vaksin Influenza

Kompas.com - 21/05/2011, 15:08 WIB

KOMPAS.com — Indonesia berada pada posisi terendah dalam penggunaan vaksin influenza di Asia Pasifik. Padahal, vaksin influenza bisa mencegah penyakit dan komplikasi influenza hingga 90 persen.

Negara Taiwan menduduki urutan pertama dalam penggunaan vaksin influenza yang mencapai 300 per 1.000 penduduk, melebihi Jepang (250/1.000) dan Australia (214/1.000). Thailand yang berada di posisi rendah memiliki penggunaan vaksin 1/1.000 orang dan Indonesia masih berada di bawah Thailand.

"Salah satu kendala adalah persoalan harga yang masih mahal. Namun, kini perusahaan vaksin Bio Farma sudah bisa membuatnya sehingga diharapkan harga yang lebih murah bisa membuat masyarakat menjangkau vaksin ini," kata Prof Samsuridjal Zauhi, SpPD(K), dalam acara Konferensi per Simposium Influenza Ke-3 di Jakarta, Sabtu (21/5/2011).

Selain itu, menurut Samsuridjal, masyarakat umumnya masih menganggap influenza sebagai penyakit flu ringan yang dapat sembuh sendiri.

"Yang bisa sembuh sendiri dalam 3 hari itu adalah common cold atau flu. Sementara penyakit yang dicegah dengan vaksin influenza adalah penyakit influenza atau flu berat yang bisa menimbulkan komplikasi berbahaya," paparnya.

Ia menambahkan, pemberian vaksin influenza terutama ditujukan kepada kelompok yang berisiko, yakni bayi dan anak-anak, orang lanjut usia, petugas medis yang bersinggungan dengan pasien, calon jemaah haji, serta orang yang menderita penyakit kronik seperti asma.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com