Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Saya Sulit Kendalikan Emosi?

Kompas.com - 23/05/2011, 09:49 WIB

TANYA :

Dok, saya mau tanya. Akhir-akhir ini saya sering sekali emosional, sedikit-sedikit emosi dan temperamen.  Sulitnya lagi, kalo lagi marah sulit mengendalikan diri, ngamuk-ngamuk tidak jelas. Setiap saat sepertinya fikiran-fikiran negatif itu selalu ada di kepala saya, seperti ketakutan secara tiba-tiba, benci pada sesuatu yang tidak jelas awal mulanya.  Apa yang terjadi dalam diri saya dan apa yang harus saya lakukan?  Terima kasih.

(Vitara, 20, Solo)

 

JAWAB :

Hallo Vitara yang baik,

Jika apa yang terjadi pada diri Vitara adalah hal yang baru saja terjadi, maka ada baiknya jika Vitara melihat kembali apa sekiranya yang menjadi penyebab dengan memperhatikan apa perubahan yang terjadi baru-baru ini. Jika sudah ketemu, coba anda analisis, bagaimana kondisi tertentu itu bisa membuat anda menjadi marah-marah dan emosional.

Kesadaran diri akan apa yang terjadi dan penyebab yang sekiranya menyebabkan hal itu terjadi merupakan cara awal untuk mengatasi kondisi emosional yang terjadi tiba-tiba tersebut. Kalau sudah ketemu anda bisa bicarakan dengan orang yang anda percaya dan sekiranya bisa membantu. Ini untuk mendapatkan persepsi lain terhadap apa yang anda alami.

Seringkali kita tidak menyadari bahwa apa yang kita hadapi mungkin tidak sebesar apa yang sebenarnya terjadi. Bantuan orang lain bisa dijadikan alat untuk melihat hal ini selain juga kemampuan diri sendiri mengenalinya.

Kalau jalan ini sudah anda lakukan tetapi belum mendapatkan hasil, ada baiknya anda berkonsultasi dengan profesional di bidang kesehatan jiwa. Semoga jawaban ini membantu.

Salam Sehat Jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com