Merawat Kulit dengan Isi Kulkas

Kompas.com - 27/05/2011, 05:56 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Perawatan kulit saat ini bukan monopoli kaum wanita saja, melainkan juga pria. Tidak peduli dijuluki si tukang dandan atau cowok kemayu, mereka berlomba mendatangi salon atau pusat perawatan tubuh yang menawarkan beragam cara membuat kulit tetap mulus, halus, bila perlu menjadi semakin memikat

Namun, tahukah Anda, bila kunci untuk mempunyai kulit halus dan segar itu ternyata tersedia di dapur Anda. Anda bisa membuat penggosok, pembersih, dan masker untuk wajah dan kulit dengan menggunakan tumbuhan dan buah-buahan. Semuanya bisa Anda temukan di kulkas Anda, seperti dijelaskan Luciana Stanciu, seorang pakar perawat kecantikan tubuh dari Noelle Spa, Connecticut, yang termuat dalam buku Secret of The Home Spa-Crissie Painel & Malik.

Luciana tahu bagaimana caranya menggunakan makanan dan tumbuhan untuk scrubbing, pembersih, masker, dan tonik-tonik wajah lainnya. Dia menyarankan untuk mencoba memanfaatkan apa saja yang tersimpan di dalam kulkas di dapur.

Bahan-bahan tersebut antara lain:

- Alpukat Gunanya untuk memberi gizi pada kulit, bagus untuk kulit dewasa. Caranya: haluskan daging buah alpukat sampai lembut, lalu gosokkan merata pada kulit. Biarkan sampai kering sebelum Anda membilasnya dengan mandi.

- Pisang Gunanya sama dengan alpukat, memberi gizi dan melembutkan kulit. Caranya: haluskan pisang sampai lembut kemudian borehkan merata pada permukaan kulit. Biarkan sampai kering, sebelum kemudian Anda membilasnya dengan mandi.

- Wortel Gunanya selain memberi gizi pada kulit, juga mengangkat sel kulit yang sudah mati. Caranya: tumbuk atau parut satu buah wortel dan gosokkan merata pada permukaan kulit. Diamkan selama beberapa menit, sebelum dibilas dengan mandi.

- Timun Berkhasiat untuk mendinginkan dan menambah kandungan air pada kulit, serta memutihkan dan mengencangkan jaringan tubuh. Caranya: kupas dan tumbuk atau parut timun sebelum Anda gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan cara mencucinya dengan menggunakan air kran yang mengucur (wastafel).

- Kuning telur Berkhasiat memberi gizi pada kulit, mengesatkan dan mengencangkan kulit. Caranya: campurlah satu kuning telur dengan satu sendok teh madu dan gosokkan pada wajah. Biarkan sampai kering kemudian wajah Anda dicuci dengan air bersih.

- Madu Berkhasiat memberi gizi pada kulit. Caranya: campurlah dengan buah atau sayur yang sudah ditumbuk halus atau diblender, untuk membuat masker yang bergizi. Diamkan beberapa menit, setelah kering bilas dengan air bersih.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X