Main Video Games Picu Nyeri Persendian

Kompas.com - 30/05/2011, 15:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Nyeri pada jari-jari, pergelangan tangan dan persendian kini semakin sering dialami anak-anak dan remaja, terutama mereka yang hobi bermain video games dan mengirim pesan melalui SMS.

Hal itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan terhadap 257 anak usia 9-15 tahun di dua sekolah di St.Louis Amerika Serikat. Para peneliti ingin mengetahui efek penggunaan gadget seperti Xbox, Gameboy atau ponsel pintar iPhone. Para siswa diwawancara mengenai tipe gadget yang dipakai, durasi pemakaian dan apakah mereka menderita rasa nyeri atau tidak.

Anak-anak yang suka bermain video games ternyata lebih sering menderita nyeri yang intens pada jari dan pergelangan tangan dibanding dengan penggunaan ponsel. Makin lama durasi permainan games, makin sering mereka merasakan nyeri.

Sementara itu pada pengguna ponsel, berat ringannya intensitas nyeri sangat terkait dengan jumlah pesan yang diketik dan jenis keyboard ponsel. Pada pengguna ponsel, remaja putri dilaporkan yang paling sering mengalami nyeri jari tangan dibanding laki-laki.

Sayangnya dalam penelitian yang dipresentasikan dalam kongres European League Againts Rheumatism di London ini tidak dijelaskan jenis gangguan sendi apa yang paling sering dialami dan efeknya pada kesehatan mereka di masa datang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.