Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Produk Tergres di Rakuten Belanja Online

Kompas.com - 01/06/2011, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Penggemar belanja online di Indonesia kini mendapatkan satu lagi pilihan situs belanja. Situs belanja online ternama dari Jepang menjalin kemitraan joint venture dengan perusahaan media, Media Nusantara Citra (MNC) merilis Rakuten Belanja Online.

Ragam produk premium original dari sejumlah merek ternama, hingga gadget tergres tersedia di Rakuten Belanja Online. Selain juga produk dari usaha kecil menengah (UKM) yang mendapat ruang untuk dipasarkan melalui situs terpercaya ini.

"Rakuten dan perusahaan Louis Vuitton melakukan penandatanganan bahwa produk yang dijual melalui Rakuten merupakan produk original. Produk terbaru Apple iPad 2 yang belum ada di Indonesia juga bisa didapatkan melalui Rakuten Belanja Online," jelas Rio Inaba, President Director & CEO PT Rakuten-MNC saat peluncuran situs belanja Rakuten Belanja Online di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Rabu (1/6/2011).

Selain produk premium asli dan terkini, Rakuten Belanja Online juga menyediakan ragam pilihan produk. Mulai elektronik, kecantikan, gadget, fashion, furniture, bayi dan anak-anak, mainan, stationary, serta produk kerajinan lokal.

Meski budaya belanja online di Indonesia masih berkembang, Rakuten meyakini konsumen di Indonesia semakin melirik konsep belanja di internet ini. Faktor keamanan dalam transaksi online, mau pun proses pengiriman barang terjamin dengan adanya sistem dan mekanisme belanja online di Rakuten. Maklum, Rakuten sendiri sudah berpengalaman di e-commerce di tujuh negara, termasuk Indonesia. Negara seperti Perancis, Amerika, Thailand dan Jepang tentunya, sudah lebih dahulu menjalani transaksi online melalui Rakuten.

Produk premium
Merek premium dari lokal dan internasional memercayakan Rakuten sebagai sarana berjualan. Sebut saja produk kecantikan Martha Tilaar dan Mustika Ratu. Toko buku Kinokuniya juga berjualan online melalui Rakuten. Produk lokal dari Alun-Alun Indonesia dan Sarinah juga dipasarkan melalui RBO.

Untuk menarik kepercayaan pasar, RBO menggunakan layanan rekening khusus (Escrow) untuk memastikan transaksi aman dan terjamin antara konsumen dan penjual. Mekanismenya, pembeli memesan barang melalui situs RBO. Pembeli kemudian membayar ke rekening khusus Escrow. Merchant kemudian mengirim produk sesuai pesanan. Lalu Escrow Account membayar ke merchant.

Peluang bisnis online
Selain memberikan pengalaman berbeda belanja online, RBO juga membuka peluang untuk pebisnis lokal menjalani e-commerce. RBO mengadakan seminar gratis untuk membuka wawasan mengenai e-commerce. Selain itu, pebisnis lokal juga bisa bekerjasama dengan RBO untuk memasarkan produk atau jasanya. Namun Inaba tak menjelaskan rinci mengenai sistem komisi maupun fee yang harus dibayarkan penjual jika ingin bergabung di RBO.

"Kami tidak bisa menyebutkan berapa biaya dan presentase penjualan terkait merchant. Jika merchant ingin bergabung di RBO, mereka bisa memilih paket dan layanan sesuai kebutuhan mereka. Fixed fee dan presentase penjualan nantinya diperhitungkan dari pilihan paket dan layanan tersebut," jelas Inaba kepada Kompas Female.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com