Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPF 15 Tak Cukup Melindungi Kulit

Kompas.com - 02/06/2011, 17:45 WIB

KOMPAS.com — Sedang menikmati long weekend untuk berlibur ke pantai? Sudahkah Anda menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit Anda dari paparan matahari? Sudah tepatkah pilihan sunscreen yang Anda gunakan? Salah memilih sunscreen ternyata tak akan mampu melindungi kulit Anda dari paparan matahari.

Selama ini, National Institute for Health and Clinical Excellence (Nice) menetapkan standar minimal  sun protection factor (SPF) 15 apabila seseorang akan keluar dari rumah dan berisiko terpapar matahari. Namun, orang sering menggunakan krim tabir surya ini terlalu sedikit. Karena ketidaktahuan mengenai cara pemakaiannya ini, menurut para peneliti, kita hanya mendapatkan separuh dari jumlah sunscreen yang disarankan.

"Factor 15 itu bisa menawarkan perlindungan sepanjang hari hanya jika Anda mengolesnya dengan tebal," kata Dr Ike Iheanacho, editor Drug and Therapeutics Bulletin (DTB). "Dalam kenyataannya, orang biasanya mengaplikasikan sunscreen jauh lebih sedikit sehingga tidak mendapatkan manfaat lebih dari separuh bahan pelindung yang disebut SPF itu."

Repotnya, mengoleskan sunscreen dalam jumlah yang cukup juga bikin boros. Untuk melindungi kulit seluruh tubuh orang dewasa, untuk sekali pengolesan, membutuhkan sekitar 35 mililiter (ml) sunscreen. Sudah begitu, Nice juga menyarankan untuk mengulangi pengolesannya setiap dua jam. Artinya, botol sunscreen ukuran 200 ml bisa habis dalam dua atau tiga hari saja.

Menurut Dr  Iheanacho, jika Anda ingin mengurangi risiko kulit terbakar sinar matahari atau kanker kulit, setidaknya Anda membutuhkan sunscreen dengan SPF 30.

Di Inggris, setiap hari setidaknya dua orang berusia di bawah 35 tahun didiagnosa dengan jenis kanker kulit yang paling mematikan. Angka kasus penyakit malignant melanoma pada orang di kisaran usia 15-34 tahun meningkat tiga kali lipat sejak akhir 1970-an, demikian menurut Cancer Research UK. Jadi, bahaya kanker kulit itu bukan sekadar omong kosong.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com