Bakar Kalori Lebih Cepat dengan Olahraga Ini!

Kompas.com - 08/06/2011, 16:19 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Bila Anda memang gemar "bergerak", sebenarnya ada banyak jenis olahraga individual maupun berkelompok yang bisa Anda pilih. Namun untuk mendapatkan manfaat maksimalnya dalam membakar kalori, coba simak perbedaan macam-macam olahraga tersebut di bawah ini.

Lari atau berenang?
Pilih: Berenang
Saat berenang, seluruh otot tubuh Anda bergerak, begitu kata pakar olahraga. Karena dilakukan di dalam air, Anda juga akan memperkecil terjadinya benturan atau hentakan pada sendi. Namun bila tujuan Anda berolahraga adalah untuk membakar kalori, lebih baik Anda memilih olahraga yang membuat Anda lebih "berkeringat, seperti lari. Berlari dengan kecepatan 11 km/ jam selama satu jam bisa membakar hampir 700 kalori. Sedangkan bila Anda berenang 45 meter per menit, "hanya" akan membakar 550 kalori dalam satu jam.

Bersepeda atau inline skating?
Pilih: Bersepeda
Bersepeda ke kantor dengan kecepatan sekitar 19 - 22 km/ jam selama satu jam akan membakar 560 kalori. Sedangkan bila Anda ber-inline skate, Anda akan membakar 60 kalori lebih sedikit, alias 500 kalori. Bedanya tidak cukup berarti? Oke, Anda bisa memilih mana yang Anda suka saja. Namun, pastikan kecepatannya selalu sama.

Frisbee atau voli pantai?
Pilih: Voli pantai
Ini olahraga yang asyik dilakukan saat berlibur ke pantai. Saling melempar frisbee akan membuat Anda banyak berlari di atas pasir yang berat. Namun permainan ini hanya akan membakar kira-kira 208 kalori per jam. Bandingkan dengan voli pantai, yang dalam satu jam bisa membakar sekitar 484 kalori.

Kayaking atau surfing?
Pilih: Kayaking
Anda senang bermain air? Baik kayaking maupun surfing baik untuk melatih otot inti dan lengan Anda. Meski begitu, berperahu kayak dapat membakar sekitar 346 kalori dalam satu jam. Sedangkan surfing hanya akan membakar sekitar 208 kalori.

Hiking atau menunggang kuda?
Pilih
: Hiking
Menunggang kuda sebenarnya baik untuk melatih otot inti. Tetapi selain olahraga ini belum populer, pembakaran kalori yang terjadi selama satu jam hanya sekitar 270 kalori. Bandingkan bila Anda menapaki jalanan sendiri seperti saat hiking. Anda bisa membakar 400 kalori dalam waktu yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.