Olahraga Cegah "Silent Stroke"

Kompas.com - 09/06/2011, 13:41 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com — Tak terbantah pentingnya olahraga untuk kesehatan. Dalam penelitian olahraga dengan intensitas sedang akan melindungi tubuh dari serangan silent stroke atau luka kecil di otak yang sering tidak disadari.

Silent stroke atau stroke diam ini akan menyebabkan penurunan mental, kemampuan gerak, gangguan daya ingat, bahkan juga terjadinya stroke di masa datang. "Stroke ini juga bisa menyebabkan demensia, seperti halnya stroke mayor," kata Dr Joshua Z Willey dari Columbia University.

Silent stroke biasanya  terjadi pada orang yang lanjut usia. Untuk mencegahnya, Willey menyarankan  kaum oma-opa ini agar mulai rutin melakukan olahraga dengan intensitas sedang, seperti jogging, berenang, atau bersepeda. Hal itu sudah dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan 1.238 orang.

Untuk penelitiannya, Willey dan timnya mengumpulkan informasi mengenai kebiasaan olahraga para responden. Sekitar 43 persen mengaku tidak pernah melakukan olahraga rutin, 36 persen rutin berolahraga ringan, dan 21 persen melakukan olahraga intensitas sedang, seperti bermain tenis, jogging, atau mendaki.

Kemudian, 7 tahun kemudian para peneliti melakukan pemindaian otak para responden yang rata-rata sudah berusia 70 tahun itu. Hasil pemindaian menunjukkan, 16 persen pernah mengalami silent stroke.

Mereka yang masuk dalam kelompok rutin berolahraga intensitas sedang ternyata risikonya untuk terkena silent stroke lebih kecil 40 persen dibanding dengan orang yang tidak pernah berolahraga. Sementara itu, tidak ada perbedaan signifikan antara yang berolahraga ringan dengan yang tidak pernah berolahraga.

Meski demikian, Willey menegaskan bahwa olahraga ringan tetap memiliki manfaat lain, seperti kebugaran tubuh serta kelenturan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.