Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Kali Kedua, Taoge Biang Keladinya!

Kompas.com - 10/06/2011, 18:48 WIB

KOMPAS.com — Taoge alias kecambah dari kacang-kacangan makin besar kemungkinan menjadi penyebab merebaknya bakteri E.coli. Riset terbaru Institut Robert Koch (RKI) sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (10/6/2011) menunjukkan kemungkinan tersebut. "Diduga, penyebabnya memang taoge," kata Presiden RKI Reinhard Burger.

"Mereka yang makan taoge, menurut riset kami, cenderung mengalami diare berdarah ketimbang mereka yang tidak makan taoge," kata Burger.

Namun, Burger juga menambahkan, kesimpulan riset pihaknya berangkat dari investigasi epidemiologi. Hasil riset positif sejatinya akan diperoleh dari tes sampel. "Kami tengah menuntaskan penelitian seribu sampel," imbuh Burger.

RKI, lanjut Reinhard Burger, juga masih memperingatkan warga, khususnya Jerman, untuk berhati-hati saat menyantap timun, tomat, dan selada.

Tudingan terhadap taoge ini sudah kali kedua. Sebelumnya, pada Minggu (5/6/2011), otoritas pemerintah Jerman juga sempat mengatakan kalau taoge menjadi penyebab meluasnya wabah diare akibat bakteri E.coli. Sejauh ini, sudah 30 orang meninggal karena wabah mematikan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com