Teori Kecerdasan Dikembangkan

Kompas.com - 15/06/2011, 03:14 WIB
Editor

SRAGEN, KOMPAS - Para peneliti Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran terus mengembangkan teori pembuktian kecerdasan manusia purba Homo erectus Soloensis. Teori itu tidak bertumpu pada penambahan volume otak, melainkan pada keterampilan manusia purba beradaptasi dan menciptakan teknologi.

Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran (BPSMPS) Harry Widianto, Selasa (14/6) di Sragen, Jawa Tengah, mengatakan, dahulu pembuktian kecerdasan manusia purba terletak pada penambahan volume otak. Misalnya, Pithecanthropus memiliki volume otak 750-1.000 cc dan Homo erectus 1.000-1.200 cc. ”Namun tidak cukup itu saja. Kecerdasan manusia purba dapat dibuktikan dari cara membuat alat dan memilih materi alat,” ujarnya.

Harry mencontohkan, individu Homo erectus mampu memilih materi alat. Untuk membuat alat serpih atau kapak, mereka tidak menggunakan batu sungai yang waktu itu banyak terdapat di sekitar mereka.

Mereka lebih memilih bebatuan yang mempunyai kadar silika tinggi atau yang mempunyai karakter seperti kaca. Jika diolah, batu itu tajam dan tidak mudah hancur karena memiliki kekerasan di atas 7 skala Mohs.

”Dalam kasus temuan senjata tulang di Ngandong, Kabupaten Blora, Homo erectus menggunakan alat tulang sebagai perkembangan cara mereka beradaptasi dengan lingkungan,” kata Harry. Di Indonesia telah ditemukan 120 individu Homo erectus.

Kepala Laboratorium BPSMPS Gunawan mengatakan, pada 2016 BPSMPS dan Direktorat Sejarah dan Purbakala Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berupaya menjadikan Sangiran sebagai Pusat Informasi Manusia Purba Dunia.

Saat ini telah dikembangkan empat kluster penting, yaitu Krikilan, Ngebung, Bukuran, dan Dayu. (HEN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.