Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mikroba untuk Antiosteoporosis

Kompas.com - 16/06/2011, 03:37 WIB

Jakarta, Kompas - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia mengembangkan mikroba Actinomycetes sebagai bahan antiosteoporosis, yaitu untuk menghambat pengeroposan tulang.

Ini merupakan pengembangan riset yang memadukan temuan inulin dari umbi dahlia dan Actinomycetes sebagai bahan baru untuk antibiotik.

”Mikroba merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang memiliki manfaat, tetapi selama ini belum banyak terungkap,” kata peneliti senior Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Puspita Lisdiyanti, dalam ”Diseminasi dan Workshop Hasil Kerja Sama Penelitian LIPI-Institusi Riset di Jepang”, Rabu (15/6) di Jakarta.

Mikroba Actinomycetes diperoleh dari dalam tanah dan serasah di beberapa lokasi kebun raya yang dikelola LIPI, yang menjadi bagian riset Puspita sejak tahun 2003. Ia meneliti terutama jenis mikroba yang diisolasi dari Kebun Raya Eka Karya Bedugul, Bali.

”Penelitian Actinomycetes lebih lanjut sampai tahap eksplorasi melibatkan perusahaan asal Jepang. Namun, sekarang ada pengembangan untuk antiosteoporosis oleh tim peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI,” kata Puspita.

Salah satu anggota tim peneliti Actinomycetes untuk antiosteoporosis, Thelma Agustina Budiwati, mengatakan, mikroba itu ternyata memiliki peran penting dalam proses fermentasi substrat inulin yang berkhasiat meningkatkan penyerapan kalsium bagi tulang. Inulin merupakan serat pangan prebiotik yang baru-baru ini dikembangkan LIPI dari bahan baku umbi dahlia.

”Mikroba Actinomycetes berperan di dalam fermentasi substrat inulin untuk menghasilkan enzim difruktose (DFA III) sebagai antiosteoporosis,” kata Thelma, peneliti Bidang Bahan Alam Pangan dan Farmasi Pusat Penelitian Kimia LIPI.

Hasil penelitian mikroba Actinomycetes untuk antibiotik maupun antiosteoporosis mempunyai potensi komersial yang sangat tinggi. Namun, seperti hasil penelitian lain, ternyata tidak mudah bagi industri dalam negeri untuk mengaplikasikan hasil-hasil riset LIPI ini.

Dominasi Jepang

Diseminasi dan Workshop Hasil Kerja Sama Penelitian LIPI- Institusi Riset di Jepang merupakan kegiatan pemaparan hasil-hasil riset LIPI yang bekerja sama dengan beberapa lembaga di Jepang yang bergerak di bidang riset, antara lain National Institute of Technology and Evaluation (NITE), Japan Society for the Promotion of Science (JSPS), Universitas Kyoto, Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA), dan lain-lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com