Buat Apa Sih Totok Payudara?

Kompas.com - 21/06/2011, 10:06 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Beberapa orang menganggap metode kecantikan dan kesehatan totok aura adalah bagian dari mistik dan klenik. Anggapan itu salah besar. Salma Dian Priharjati, praktisi dan pelopor berdirinya Dian Kenanga, sebuah layanan totok aura terkemuka, menjelaskan bahwa totok aura adalah sebuah terapi yang memadukan dua jenis terapi. Dua jenis terapi itu adalah terapi totok atau accupresure (pijat dan tekan pada simpul syaraf yang bermasalah) dengan terapi bioenergi prana (tenaga dalam atau hawa murni yang dilatih intensif hingga level pengobatan).

Pada totok aura, terapis mendapat pelatihan khusus dan intensif. Seperti bagaimana cara mengeksplorasi hawa murni atau prana yang kemudian dikolaborasikan dengan teknik totok (pijat dan tekan) untuk menelusuri titik akupunktur di sekujur tubuh dan wajah. Perpaduan hawa murni dengan metode totok tersebut berperan sebagai pendeteksi untuk mengetahui titik saraf organ tubuh yang mengalami gangguan. Karena diyakini memiliki daya jelajah stimulasi yang lebih dalam pada simpul saraf, hawa murni mampu membenahi keselarasan sistem tubuh dengan lebih mudah. Untuk lebih mudahnya, totok aura menggunakan bioenergi prana pada pemijatannya, sedangkan totok wajah tidak.

Salah satu jenis totok aura bagi kecantikan adalah totok aura payudara. Bertambahnya usia, masa-masa menyusui, dan perubahan berat badan, biasanya memunculkan perubahan pada bentuk payudara. Stretchmark dan mengendurnya payudara juga sering dialami wanita. Totok aura payudara ini bertujuan agar payudara selalu sehat dan kencang. Selain itu, pemijatan yang dilakukan juga dapat membantu mendeteksi adanya benjolan asing pada payudara. Manfaat lain: produksi ASI semakin berlimpah. Tetapi totok jenis ini tidak bisa digunakan untuk memperbesar payudara, lho.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, ada baiknya perawatan totok aura payudara dilakukan rutin, yaitu seminggu sekali atau setiap 10 hari sekali. Ada beberapa tahap yang dilakukan pada totok payudara.
1. Area payudara dibersihkan dengan menggunakan pembersih yang mengandung ekstrak tumbuhan berkhasiat, susu, dan sari kelapa. Kemudian payudara diberi penyegar yang mengandung air mawar, vitamin C, dan E.
2. Agar lebih bersih dilakukan proses scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati. Scrubbing dilakukan dengan gerakan lembut dan memutar.
3. Dengan menggunakan minyak bulus, minyak ikan, dan vitamin untuk nutrisi kulit, area payudara, dada, ketiak, pangkal lengan hingga punggung diberi pemijatan yang dilanjutkan penotokan di titik-titik payudara, yakni bagian samping, bawah, hingga punggung.
4. Payudara lalu dibersihkan dan diberi masker untuk mengencangkan. Kemudian kembali dibersihkan dengan air.

Tips
* Karena perlu keahlian mengolah hawa murni atau bioenergi prana, totok aura sebaiknya dilakukan dengan terapis profesional.
* Sebelum totok aura, sebaiknya minum air hangat atau air jahe (bandrek) agar proses detoksifikasi berjalan optimal.
* Untuk penyembuhan, terapi totok aura sebaiknya dilakukan seminggu sekali selama 12 kali berturut-turut. Untuk perawatan, totok aura bisa dilakukan sebulan sekali.
* Selama menjalani totok aura dianjurkan untuk mengonsumsi pola makan sehat.

(Ira Nursita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.