Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pinggang Lebar Tanda Tak Sehat

Kompas.com - 21/06/2011, 11:01 WIB

Kompas.com - Rajin-rajinlah mengukur lingkar pinggang Anda, karena banyak manfaat kesehatan yang akan dipetik. Lingkar pinggang yang membesar, terutama pada pria, merupakan tanda adanya gangguan metabolik yang mengarah pada diabetes dan penyakit jantung.

American Dietetic Association menyatakan, pria yang lingkar pinggangnya lebih dari 90 cm dan lebih dari 80 cm pada wanita, harus waspada karena mereka masuk dalam zona beresiko penyakit.

Timbunan lemak di bagian perut (lemak visceral) akan meningkatkan risiko berbagai peyakit seperti diabetes, penyakit jantung, serta kanker. Lemak visceral ini melapisi organ-organ bagian dalam.

Untuk mengukur lingkar pinggang dengan tepat, lepaskan pakaian lalu lingkarkan meteran di seputar perut seluruh batang tubuh. Jangan melingkarkan pita meteran terlalu ketat atau terlalu longgar.

Jika lingkar pinggang Anda sudah masuk dalam zona berbahaya alias lebih dari ukuran normal, mulailah untuk menguranginya.

"Menjaga pola makan agar tidak berlebihan dan menu sehat, mengurangi level stres, berolahraga secara rutin dan cukup istirahat akan membantu menjaga berat badan tetap terkontrol," kata Manuel Villacorta, dari American Dietetic Association.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com