Sakit Punggung Saat Hamil Jangan Diabaikan

Kompas.com - 07/07/2011, 10:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Selama hamil, keluhan sakit punggung adalah hal yang seharusnya terjadi. Bagaimana tidak? Berat badan naik, gaya berjalan pun berubah, hormon-hormon membuat semua otot dan ligamen di seluruh tubuh menjadi tegang.

Meski demikian, sakit punggung jangan diabaikan. Malah harus diperhatikan. Sebenarnya sakit punggung dapat diobati atau malah dicegah. Bagaimana caranya?

Berikut adalah tip dari Mayo Clinic untuk mengatasi sakit punggung selama hamil.

1. Postur tubuh yang benar

Pusat gravitasi ibu hamil akan semakin mengarah ke depan, sejalan dengan semakin bertambahnya masa kehamilan. Untuk menghindari agar tidak terjatuh ke depan, ibu hamil biasanya akan berusaha untuk menegakkan badan dengan membawa badan ke belakang.

Gerakan itu membuat punggung bagian bawah terbebani dan sakit punggung pun tak terhindarkan. Karena itu, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut agar postur tubuh tetap terjaga, walau sedang hamil:

• Berdiri dengan tegak

• Dada dibusungkan

• Bahu tetap ke belakang dan rileks

• Jangan dempetkan kedua lutut.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.