Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perilaku Kasar Terkait Golongan Darah?

Kompas.com - 08/07/2011, 07:49 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Masih ingat Menteri Rekonstruksi Jepang, Ryu Matsumoto, yang mundur karena bersikap kasar ketika berkunjung ke tempat korban tsunami? Dia menjelaskan bahwa perilakunya itu akibat golongan darahnya.

”Golongan darah saya B. Artinya, saya bisa meledak sewaktu-waktu dan maksud saya tidak selalu sama dengan tindakan saya,” ujarnya, Kamis (7/7).

Di Jepang ada kepercayaan bahwa golongan darah terkait erat dengan karakter seseorang. Kepercayaan ini sama kuatnya seperti terhadap zodiak. Perihal golongan darah ini sering dijadikan penjelasan atas sebuah perilaku.

Banyak juga orang Jepang yang percaya golongan darah dapat menjelaskan soal kesuksesan dalam percintaan dan karier. Orang bergolongan darah B diyakini sebagai orang yang keras kepala, impulsif, dan dingin. Golongan darah Anda apa? (Reuters/Joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com