Cara Menambah Tinggi Badan

Kompas.com - 12/07/2011, 08:03 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Salam kenal dok. Saya seorang remaja berusia 17 tahun.  Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah usia saya masih mengalami pertumbuhan? 2. Apakah ada cara yang efektif untuk menambah tinggi badan? 3. Berbahayakah menggunakan alat-alat penambah tinggi badan yang "ditarik-tarik"? Untuk jawabannya, saya mengucapkan terima kasih, dok.

Reza, 17, Solo

 

 

JAWAB :

Mas Reza di kota Solo yang khawatir tentang pertumbuhan, di usia anda sekarang masih mungkin pertumbuhan dialami. Bahkan ada yang bisa berlanjut sampai usia 18-20 tahun. Namun seringkali, biasanya berakhir pada usia 18 tahun.

Saya tidak menyarankan untuk menarik badan anda. Akan tetapi, yang sebaiknya anda lakukan untuk menambah tinggi badan adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Berenang merupakan jenis olah raga yang dianjurkan untuk menambah tinggi badan di samping Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi, terutama makanan yang kaya protein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.