Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menambah Tinggi Badan

Kompas.com - 12/07/2011, 08:03 WIB

TANYA :

Salam kenal dok. Saya seorang remaja berusia 17 tahun.  Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah usia saya masih mengalami pertumbuhan? 2. Apakah ada cara yang efektif untuk menambah tinggi badan? 3. Berbahayakah menggunakan alat-alat penambah tinggi badan yang "ditarik-tarik"? Untuk jawabannya, saya mengucapkan terima kasih, dok.

Reza, 17, Solo

 

 

JAWAB :

Mas Reza di kota Solo yang khawatir tentang pertumbuhan, di usia anda sekarang masih mungkin pertumbuhan dialami. Bahkan ada yang bisa berlanjut sampai usia 18-20 tahun. Namun seringkali, biasanya berakhir pada usia 18 tahun.

Saya tidak menyarankan untuk menarik badan anda. Akan tetapi, yang sebaiknya anda lakukan untuk menambah tinggi badan adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Berenang merupakan jenis olah raga yang dianjurkan untuk menambah tinggi badan di samping Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi, terutama makanan yang kaya protein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com