Asma Picu Risiko Kelahiran Prematur

Kompas.com - 14/07/2011, 15:04 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Penyakit asma yang tidak dikelola dengan baik pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko bayi prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Para ahli juga mengaitkannya dengan risiko komplikasi, termasuk preeklampsia.

Oleh sebab itu, wanita hamil yang menderita asma disarankan untuk mengelola penyakitnya, salah satunya adalah dengan menghindari pencetus asma.

Seperti diketahui, pasien asma memiliki hipersensitivas pada alergen seperti debu rumah, bulu binatang, polusi udara, asap rokok, atau makanan tertentu. Bila alergen ini bisa dihindari, maka asma bisa dikendalikan.

Sebuah analisa dilakukan pada penelitian mengenai asma yang melibatkan jutaan ibu hamil penderita asma. Penelitian tersebut dipublikasikan antara tahun 1975 dan 2009.

Para peneliti menemukan ibu yang menderita asma melahirkan bayi dengan berat 93 gram lebih rendah dibanding bayi dengan ibu tanpa asma. Para penderita asma juga memiliki risiko preeklampsia 50 persen lebih tinggi  dan risiko melahirkan bayi prematur 25 persen lebih tinggi.

"Beberapa penelitian menyebutkan risiko komplikasi persalinan itu bisa diminimalkan dengan manajemen asma yang efektif. Selain itu penting juga untuk memonitor perkembangan janin secara teratur," kata Peter Gibson, dari Centre for Asthma and Respirotary Disease.

Ibu hamil juga tidak perlu takut memakai obat. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Obstetrics and Gynecology, obat-obatan asma yang digunakan selama kehamilan tidak memiliki efek langsung pada janin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.