Hilang Konsentrasi, Perlukah Vitamin Otak?

Kompas.com - 14/07/2011, 16:39 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : Dok, saya mahasiswa yang akhir-akhir ini cepat sekali kehilangan konsentrasi. Apakah saya perlu mengonsumsi multivitamin untuk otak ? Seandainya perlu, kapan kira-kira waktu yg tepat untuk dikonsumsi ?

Saka Wijaya, 24, Yogyakarta

 

 

JAWAB :

Mas saka yang ingin konsentrasi, multivitamin saja belum bisa membuat anda dapat mempertahankan konsentrasi maupun meningkatkan konsentrasi. Jadi, tidak benar bila anda melakukan minum dahulu tanpa memperbaiki keadaan anda dan sekitar terlebih dahulu.

Yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi adalah membuat keadaan fisik yang baik untuk menerima pelajaran (jadi cukup istirahat/tidur sebelum kuliah), cukup makan (bukan kurang atau kekenyangan), suasana yang tidak gaduh atau senyap saat anda belajar.

Anda juga butuh berlatihan untuk fokus dan perhatian. Hal-hal dapat yang mengganggu konsentrasi  sebaiknya dijauhkan, seperti games, ponsel, teman yang mengganggu atau suara yang tidak perlu.

Hal yang juga penting adalah kemauan. Memang perlu usaha untuk mengkonsentrasikan perhatian, karena jika kita tidak fokus atau sedang memikirkan sesuatu yang lain, maka hal itu juga dapat memecah konsentrasi Anda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.