Ngilu Saat Minum Dingin Ciri Gigi Sensitif

Kompas.com - 16/07/2011, 22:01 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Air es yang seharusnya menyegarkan justru membuat Anda menahan ngilu? Mungkin Anda termasuk dalam penderita gigi sensitif. Sebaiknya jangan dibiarkan.

Selain rasa nyeri tajam karena sensasi suhu seperti panas atau dingin, rasa ngilu juga bisa timbul saat gigi kontak dengan sikat gigi atau prosedur dental di dokter gigi.

Menurut drg. Hari Sunarto, Sp.Perio (K), gigi menjadi sensitif ketika lapisan luar pelindung gigi (email) terkikis. Kondisi ini diakibatkan oleh terjadinya penurunan gusi, yang disebabkan oleh penyakit gusi atau kebiasaan menyikat gigi yang salah dan akar gigi yang terbuka karena erosi makanan asam.

"Hal ini menyebabkan dentin yang berada di bawah email terbuka. Saluran ini berhubungan langsung dengan syaraf gigi sehingga ketika ada rangsang makanan atau minuman akan terasa ngilu," paparnya dalam acara talkshow bertajuk Tangani Gigi Sensitif, Nikmati Makanan Favorit di Jakarta (14/7/11).

Gigi sensitif termasuk dalam masalah kesehatan gigi yang cukup banyak dialami masyarakat. Penelitian yang dilakukan tahun 2009 oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran Bandung, sekitar 65 persen orang Indonesia mengalami gigi sensitif.

Kebiasaan menyikat gigi terlalu kuat, penyakit gusi, prosedur pembersihan karang gigi, serta pemakaian kawat gigi, juga bisa memicu gigi sensitif.

Hari menambahkan, meski sensasi ngilu pada gigi hanya berlangsung sesaat, tetapi jika dibiarkan gigi sensitif bisa membuat seseorang malas menyikat bagian gigi yang terasa ngilu. "Bisa terjadi penumpukan plak kalau tidak disikat," katanya.

Mengubah cara menyikat gigi serta penggunaan pasta gigi yang mengandung komponen aktif untuk menutupi dentin yang terbuka tadi, menurut Hari, bisa membantu mengurangi rasa ngilu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.