Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengantuk karena Kelelahan Berlebih?

Kompas.com - 21/07/2011, 16:50 WIB

TANYA :

Dokter, saya mempunyai masalah dengan rasa kantuk. Datangnya rasa kantuk tidak pandang kondisi, entah itu dikelas, di tempat umum, bahkan saat mengendarai kendaraan bermotor dan benar-benar tidak bisa ditahan. Tapi bisa sembuh ketika saya sudah tidur sekitar 10 menit. Terkadang sepanjang jam pelajaran saya terus mengantuk sampai benar-benar tidak bisa menangkap apa yang disampaikan pembicara. Mohon sarannya...Terimakasih

Henny, 24, Yogyakarta

 

JAWAB :

Mbak Henny yang baik. Bisa saja aktivitas yang berlebihan tidak sesuai dengan asupan energi anda, sangat  mungkin anda menjadi kurang tidur, sehingga kecapaian dan kelelahan berlebih.

Pada dasarnya kita butuh minimal 6 jam tidur sehari, jika kurang sangat mungkin seorang mengantuk berlebihan, apalagi jika hal ini terjadi terus menerus. Akan tetapi jika tidur anda cukup dan aktivitas anda tidak berlebih, maka anda saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan di dokter anda, karena harus dicari kemungkinan lainnya mengenai adanya hal lain yang menyebabkan hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com