Pasta Gigi Mungkinkah Memutihkan Gigi?

Kompas.com - 25/07/2011, 13:23 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Gigi putih cemerlang seperti dalam iklan di televisi tentu menjadi idaman banyak orang. Tetapi benarkah menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih sudah cukup untuk membuat deretan gigi menjadi putih bersinar?

Pasta gigi untuk memutihkan gigi pada dasarnya bisa membuat gigi lebih cemerlang dengan menghilangkan noda di permukaan, terutama yang disebabkan oleh kopi atau rokok.

Pasta gigi yang mengandung pemutih juga bisa dipakai setelah melakukan terapi bleaching di dokter untuk menjaga hasilnya. Kendati demikian sebenarnya pasta gigi tidak bisa mengubah warna dasar gigi atau mengubah warna yang tidak merata akibat paparan fluoride selama pertumbuhan gigi atau permukaan gigi yang terpapar noda.

Untuk menghilangkan noda pada gigi, pasta gigi mungkin mengandung bahan abrasi yang secara lembut melapisi atau mengilapkan gigi. Pasta gigi khusus memutihkan gigi juga mengandung bahan kimia, misalnya sodium tripolyphosphate yang membantu melarutkan noda.

Bila dipakai dua kali dalam sehari, pasta gigi untuk memutihkan gigi biasanya memerlukan waktu dua sampai empat minggu untuk membuat gigi terlihat lebih putih. Dengan kata lain Anda tak bisa berharap gigi langsung putih bersinar pasca menyikat gigi.

Pasta gigi berpemutih sudah dinyatakan aman untuk dipakai sehari-hari, tetapi penggunaan secara berlebihan bisa merusak enamel gigi. Bila Anda berniat untuk memakai pasta gigi berpemutih, sebaiknya pilih produk yang sudah mendapat rekomendasi atau persetujuan dari organisasi dokter gigi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.