Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Hewan Peliharaan Lebih Sehat

Kompas.com - 28/07/2011, 09:45 WIB

KOMPAS.com — Memiliki hewan kesayangan ternyata bisa menjadi jalan untuk memaksimalkan kondisi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Perilaku hewan yang menggemaskan juga bisa memberikan perasaan lebih santai.

Menurut penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal of Personality and Social Psychology, para pemilik hewan peliharaan memiliki perasaan lebih nyaman dan sejahtera dalam hidupnya.

"Secara spesifik, mereka punya kepercayaan diri yang tinggi, secara fisik lebih fit, mereka juga lebih jarang kesepian," kata ketua peneliti, Allen R McConnell dari Miami University, Ohio, Amerika Serikat.

Menghabiskan waktu bersama binatang peliharaan juga diketahui membuat seseorang menjadi lebih ekstrovet. Ia cenderung lebih berani dan tidak mudah linglung dibandingkan dengan bukan pemilik hewan.

Penelitian lain menunjukkan, para pemilik anjing relatif lebih aktif secara fisik karena sering mengajak si doggie berjalan-jalan sehingga punya partner untuk berolahraga secara teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com