Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Kunjungi Azka

Kompas.com - 31/07/2011, 15:54 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengunjungi Azka (4), pasien penyakit Gullain Barre Syandrome, yang dirawat di Rumah Sakit Azra di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (31/7/2011) sore. Penyakit yang diderita Azka terbilang langka. Terdapat satu kasus per 100.000 orang per tahun. Selain itu, biaya pengobatannya juga mahal.

"Karena orangtuanya pegawai negeri sipil (PNS), jadi mereka sebetulnya bisa menggunakan Askes. Hanya saja rumah sakit ini belum bekerja sama dengan PT Askes. Namun, saya sudah minta Askes agar ini menjadi perkecualian," tutur Endang seusai menjenguk Azka.

Menurut dia, penyakit ini disebabkan sistem auto immune yang menyerang saraf tepi sehingga pencegahannya sukar dicari. Namun, penyakit ini bisa dideteksi dengan kesemutan yang dimulai dari kaki, lalu naik ke tubuh bagian atas hingga menyebabkan kelumpuhan. Sementara itu, berdasarkan literatur, 80 persen penderita penyakit ini bisa sembuh walaupun memerlukan waktu yang cukup lama karena tergantung kemampuan tubuh penderita.

Azka sudah dirawat sejak 21 Juli di RS Azra. Hingga hari ini, orangtuanya sudah mengeluarkan Rp 100 juta.

Pasien GBS lainnya, Shafa, dirawat di RS Carolus, Jakarta. Ia dirawat sejak Oktober 2010 dan biaya perawatannya sudah mencapai Rp 600 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com