Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Juga Alami Masalah Kulit Kering

Kompas.com - 02/08/2011, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Merawat kulit sekarang bukan hanya perlu dilakukan para wanita. Kaum Adam juga perlu melakukannya. Bukan hanya mereka yang masuk dalam kategori pria metroseksual yang merasa wajib melakukannya, melainkan semua pria yang sadar akan pentingnya kesehatan kulit. Mereka mulai menepis rasa sungkan dan mulai memerhatikan kondisi kelembaban kulitnya.

Masalah kulit yang paling umum dialami oleh para pria adalah kulit kering. Kondisi ini diakibatkan oleh menurunnya kadar pelembab alami di kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh tiga hal berikut ini:

1. Tidak rajin pakai pelembab
Siapa bilang pelembab hanya untuk wanita? Pria juga perlu memakainya. Karenanya, tidak ada salahnya Anda memintanya untuk memakai pelembab milik Anda (tentu saja pilih yang aromanya lebih netral) atau mencoba body butter yang sering Anda gunakan.

2. Malas minum
Kurang cairan bisa membuat kulit mengalami dehidrasi. Selain itu, pola makan yang kekurangan zat antioksidan dan asam lemak esensial juga dapat membuat kulit si dia cenderung lebih kusam. Untuk itu, ingatkan dia selalu untuk minum setidaknya delapan gelas air putih per hari dan menyantap makanan yang kayak antioksidan dan asam lemak esensial. Misalnya sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan brokoli, serta ikan salmon.

3. Aktivitas di gym
Bila si dia termasuk orang yang malas berolahraga, doronglah dia untuk lebih sering beraktivitas di gym karena ini akan membantu meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, sehingga kulit menjadi lebih segar dan sehat. Selain itu, banyak berkeringat juga dapat mendorong produksi sebum, yang merupakan pelembab alami bagi kulit.

Yang perlu diingatkan padanya, hindari mandi air panas terlalu lama setelah berolahraga. Meski ini dapat membantu melemaskan otot-otot yang barusan bekerja keras, suhu air yang terlalu panas bisa membuat kulit mudah kering. Selain itu, mandi terlalu lama juga dapat mengikis pelembab alami dalam kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com