Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walau Sebentar, Manfaat Olahraga Signifikan

Kompas.com - 03/08/2011, 14:51 WIB

KOMPAS.com – Hampir semua orang tahu kalau olahraga baik untuk kesehatan. Tapi masih saja banyak di antara kita sulit menjalankannya dengan beragam alasan.

Penelitian terbaru menunjukkan, meski hanya sebentar waktu yang Anda luangkan untuk berolahraga, ternyata dapat memberikan manfaat yang cukup signifikan, daripada tidak sama sekali. Hal ini terutama berlaku untuk para wanita.

Pemerintah AS telah menyarankan kepada warganya untuk meluangkan waktu selama 150 menit dalam seminggu untuk berolahraga. Studi menunjukkan, orang-orang yang telah berolahraga namun tidak memenuhi  waktu yang telah direkomendasikan, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, dibandingkan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

“Tentu saja, melakukan olahraga lebih banyak akan lebih baik untuk Anda. Orang-orang yang melakukannya selama 150 menit dalam seminggu memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang tidak melakukan latihan,” kata peneliti.

Sementara pada orang-orang yang menghabiskan waktu berolahraga selama 300 menit dalam seminggu memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Pada tingkat aktivitas yang lebih tinggi lagi, maka risiko akan menjadi semakin rendah pula.

Peneliti mengatakan, manfaat dari berolahraga akan lebih terasa pada wanita, dibandingkan untuk pria, meskipun tidak bisa dijelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Mungkin saja penyebabnya adalah karena wanita memiliki tingkat risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan pria.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, ada penurunan risiko sebesar 20-30 persen seseorang menderita penyakit jantung koroner dengan melakukan aktivitas fisik. Namun tidak diketahui berapa banyak latihan yang diperlukan untuk menurunkan risiko menjadi jauh lebih rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com