Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Perbaiki Osteoporosis

Kompas.com - 04/08/2011, 08:57 WIB

KOMPAS.com — Penelitian para ahli di Universitas Glasgow Caledonian menunjukkan, olahraga  memberikan manfaat signifikan bagi penderita keropos tulang. Latihan fisik yang rutin ternyata dapat memperbaiki kepadatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang pada wanita penderita osteoporosis.

Kesimpulan tersebut diambil setelah mengkaji 43 penelitian yang semua melihat efek dari program latihan pada kesehatan tulang wanita pascamenopause. Kajian ini melibatkan sekitar 4.300 wanita yang mengalami osteoporosis.

Hasil analisis menunjukkan, wanita yang melakukan latihan kekuatan fisik mendapatkan keuntungan, yaitu peningkatan kepadatan tulang, sehingga mengurangi risiko patang tulang.

Wanita yang berolahraga secara teratur rata-rata mengalami pengeroposan tulang sekitar 1 persen lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Risiko patah tulang pada mereka yang olahraga secara teratur juga berkurang dari 11 orang per 100 wanita menjadi hanya 7 orang per 100 wanita.

"Pengeroposan tulang merupakan bagian yang tak terhindarkan dari penuaan, dan tinjauan kami menunjukkan bahwa latihan tersebut (latihan kekuatan fisik) dapat memperlambat pengeroposan tulang. Tetapi, olahraga harus dilakukan secara teratur, karena jika berhenti berlatih, berarti pengeroposan tulang akan berlanjut pada tingkat yang sama seperti sebelumnya” ujar penulis utama Tracey Howe, yang penelitiannya dipublikasikan Conchrane Collaboration.

Menurut data National Osteoporosis Society, setengah dari wanita dan seperlima dari pria di atas usia 50 tahun akan mengalami patah tulang. Mayoritas kasus patah tulang ini merupakan hasil dari osteoporosis. (M10-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com