Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Pria Juga Alami "Menopause"?

Kompas.com - 05/08/2011, 09:49 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin mendapat penjelasan apakah seorang pria akan mengalami fenomena berhentinya kesuburan untuk reproduksi, seperti halnya ‘menopause’ pada wanita? Mengapa ada pria lanjut usia yang sudah tidak lagi produktif secara seksual, tetapi ada juga yang masih bisa memberikan keturunan.  Pada usia berapa pria rata-rata mengalami penurunan fungksi reproduksi/seksual? Apa saja yang bisa mempercepat terjadinya hal itu, dan bagaimana cara agar seorang pria bisa mempertahankan kesuburannya? 

Eddy, 39, Garut

 

JAWAB :

Kesuburan pria jelas berkurang karena proses penuaan. Ini sama seperti pada perempuan. Bedanya, perempuan pasti mengalami menopause, yang berarti kesuburan padam sama sekali sehingga tidak mungkin dapat hamil lagi. Pada pria, kesuburan pasti menurun karena proses penuaan tetapi tidak harus berhenti sama sekali. Namun bukan berarti tidak ada pria yang mengalami kemandulan karena proses penuaan.

Berkurangnya kesuburan pria sebenarnya mulai terjadi di atas usia tigapuluh. Tetapi penurunan dapat terjadi lebih awal dan semakin buruk kalau ada penyakit tertentu atau karena gaya hidup tidak sehat. 

Untuk mempertahankan kesuburan, terapkan gaya hidup sehat selain mendapatkan pengobatan untuk memperlambat proses penuaan. Tetapi untuk apa mempertahankan kesuburan kalau tidak ingin punya anak lagi, ya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com