Lansia Hobi Belanja Lebih Panjang Umur

Kompas.com - 05/08/2011, 15:06 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Ada alasan positif bagi para penggila belanja untuk melanjutkan hobinya, terutama untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun. Penelitian di Taiwan menunjukkan lansia yang suka berbelanja lebih panjang umur.

Penelitian itu dilakukan pada 2.000 pria dan wanita berusia lanjut yang masih tinggal di rumah sendiri. Rupanya para lansia yang secara rutin berbelanja berusia lebih panjang dibanding dengan mereka yang belanja seminggu sekali atau kurang.

Manfaat dari hobi belanja itu bukan cuma dimiliki kaum hawa saja. Para kakek yang rajin berbelanja setiap hari juga memiliki risiko kematian 28 persen lebih rendah, sementara pada wanita risikonya hanya berkurang 23 persen.

Para peneliti menilai, manfaat dari belanja pada usia didapatkan dari kesempatan untuk berinteraksi secara sosial dan juga aktivitas fisik saat berkeliling dari satu toko ke toko lain. Membeli bahan pangan yang segar setiap hari juga diyakini membuat para lansia makan lebih sehat.

"Aktivitas berbelanja membuat kita aktif secara fisik, punya kesempatan mengatur uang, membuat keputusan dan sebagainya. Semuanya berkaitan dengan kesehatan," kata S.Jay Olshansku, peneliti senior dari Center on Aging dari University of Illinois.

Para peneliti juga menyebutkan kegiatan berbelanja akan memberi efek kesejahteraan psikologi karena biasanya dilakukan dengan senang. Lagi pula, dibandingkan dengan aktivitas fisik pengisi waktu lainnya, seperti olahraga yang biasanya membutuhkan motivasi, berbelanja lebih mudah dilakukan dan disukai siapa saja.

 


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X