Seberapa Sering Harus Menimbang Badan?

Kompas.com - 06/08/2011, 13:34 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan tentu rajin menimbang berat badan untuk mengetahui ada tidaknya pertambahan berat badan. Namun, ternyata tidak semua orang disarankan untuk rutin memonitor berat badan.

Penelitian menunjukkan, menimbang badan secara teratur, baik setiap hari maupun seminggu sekali, sangat membantu program pelangsingan yang sedang dilakukan. Kita juga lebih waspada jika ada hal yang perlu dikoreksi. Kebiasaan itu sama baiknya dengan menjalankan pola makan yang sehat.

Akan tetapi, jika tujuan Anda berolahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan dan stamina, sebaiknya Anda jangan terlalu sering menimbang badan.

Hal ini karena timbangan biasanya tidak bisa membedakan lemak dengan otot sehingga angka di timbangan bisa menunjukkan angka yang tinggi. Padahal, sebenarnya yang bertambah adalah massa otot. Itu sebabnya, para atlet yang memiliki lemak tubuh rendah tetapi massa otot tinggi bisa dikategorikan obesitas berdasarkan angka timbangan.

Selain timbangan, cara lain untuk mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal adalah dengan mengukur lingkar pinggang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.