Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruam Kulit Pasti Alergi Susu?

Kompas.com - 13/08/2011, 10:20 WIB

TANYA Dok, saat usia 3 bulan anak saya mengalami gangguan pada kulit nya berupa bintik-bintik merah dan merata pada tubuhnya. Saya bawa ke salah satu RS di depok, dokter tersebut mengatakan anak saya mengalami alergi susu. Memang sejak lahir bayi saya sudah di beri susu formula karena saat ia lahir tidak diperbolehkan minum ASI karena saya mengalami pendarahan.   Sejak itu ia minum sufor tetapi saya tetap memberinya ASI meski frekuensinya sedikit. Yang saya mau tanyakan apakah benar dengan melihat kulit anak saya bintik merah dokter sudah bisa memastikan anak saya ada alergi susu? Kalaupun iya sampai kapan anak saya bisa minum susu yang tidak mengandung HA? Untuk makanannya, apa saya yang harus di asup oleh bayi yang mengalami alrergi susu? terima kasih dokter untuk waktunya. Umi (26), Depok

JAWAB : Sebenarnya perdarahan yang terjadi pada ibu bukan merupakan hambatan untuk memberikan si kecil ASI. Mengenai alergi protein susu sapi memang dapat dipikirkan apabila bayi yang mendapat sufor mengalami kondisi-kondisi seperti nafas/batuk yang produktif/grok-grok tanpa penyebab yang jelas seperti infeksi virus/radang tenggorokan, BAB berdarah/mencret, atau kemerahan di kulit tubuh. Terlebih jika kedua/salah satu orangtua mempunyai bakat alergi.

Pencegahannya sebenarnya paling baik adalah kembali mendapat ASi, namun bila tidak memungkinkan maka hindari sebisa mungkin mengkonsumsi sufor yang berasal dari susu sapi dan produk turunannya seperti keju, dan sebagainya. Sebagai pengganti dapat diberikan sufor yang terbuat dari kedelai (untuk bayi berusia 6 bulan keatas) atau sufor yang terhidrolisasi (hydrolisate formula).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com