Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Sering Seks Malah Sulit Hamil?

Kompas.com - 19/08/2011, 09:38 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok saya pria berumur 27 tahun dengan istri berusia sebaya . Kami sudah menikah selama setahun lebih. Dari awal menikah, kami sangat menikmati hubungan intim. Hampir setiap hari berhubungan seks dan bahkan saat hari libur, kami sering melakukannya sampai tiga kali sehari. Akan tetapi, selama ini belum ada tanda-tanda kehamilan pada istri saya. Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan :

1. Apakah karena sering berhubungan  justru menyebabkan sperma saya tidak pernah matang. Pasalnya saya pernah membaca sperma membutuhkan waktu 72 jam untuk matang.  2. Berapa lama sperma dapat diproduksi testis setelah dia keluar dan siap untuk membuahi? 3. Adakah jarak rentang hari yang ideal untuk berhubungan sehingga  dapat memperbesar peluang hamil? Terima kasih dok, mohon  penjelasannya.

(Ari B, 27, Bandung)

 

JAWAB :

Kehamilan mungkin terjadi kalau hubungan seksual dilakukan pada saat subur perempuan. Tentu saja bila kesuburan kedua pihak baik. Tetapi bila kesuburan salah satu atau kedua pihak terganggu, maka kehamilan terhambat. Bahkan boleh jadi pembuahan sel telur oleh sel spermatozoa tidak terjadi.

Kalau hubungan seksual dilakukan di luar saat subur, pasti kehamilan tidak akan terjadi. Dari sudut sperma (kesuburan pria), maka hubungan seksual yang dilakukan dua kali seminggu dianggap cukup untuk mempertahankan kualitas dan kuantitas sperma.

Kalau hubungan seksual dilakukan lebih sering dari itu, kualitas dan kuantitas sperma tidak optimal. Sejak sel muda sampai menjadi sel sperma yang siap membuahi, diperlukan waktu sekitar 74 hari.   

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+