Vitamin untuk Menguatkan Ereksi

Kompas.com - 19/08/2011, 11:37 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com-  Ada banyak mitos seputar makanan yang dipercaya akan meningkatkan performa pria di atas ranjang. Anda boleh-boleh saja mempercayainya, tetapi sebaiknya Anda membaca hasil penelitian ilmiah berikut ini mengenai pengaruh nutrisi pada ereksi.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine disebutkan vitamin niacin (B3) yang ditemukan dalam ayam, ikan, bulir padi-padian, dan masih banyak lagi, membantu mengatasi disfungsi ereksi, terutama pada pria yang menderita kolesterol tinggi.

Niacin diketahui membantu tubuh memproses lemak dan menurunkan kolesterol. Seperti statin, yang juga bisa mengatasi disfungsi ereksi, niacin akan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan cara melebarkan arteri. Makin lancar aliran darah ke bagian penis, makin tegang ereksinya.

Dalam penelitian yang dipimpin Chi-Fai Ng, tersebut para peneliti memberikan pria yang kadar kolesterolnya tinggi dan disfungsi ereksi, tablet niacin atau plasebo selama 12 minggu.

Pria yang mendapatkan niacin mengatakan mereka lebih mampu mempertahankan ereksinya ketika berhubungan seksual setelah rutin mengonsumsi niacin selama 12 minggu, dibandingkan dengan yang mendapat plasebo. Pria yang menderita kesulitan ereksi cukup parah juga mengaku mengalami perbaikan berarti.

Karena niacin hanya memiliki efek samping kecil, biasanya rasa panas di wajah dan kulit gatal, Ng mengatakan vitamin ini bisa menjadi alternatif untuk mengatasi gangguan ereksi pada pria hiperkolesterol.

Sayangnya dalam penelitian ini tidak dibandingkan antara niacin dengan obat disfungsi ereksi seperti Viagra. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian lebih mendalam untuk mengetahui apakah vitamin ini juga efektif untuk pria dalam populasi umum.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.