Ruam Kulit Bayi karena "Sawan"?

Kompas.com - 25/08/2011, 11:04 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Apa penyebab kulit bayi yang baru lahir bintik-bintik merah mulai dari kepala, leher, bahkan hampir merata di punggungnya. Tapi bukan biang keringat. Orang tua sih menyebutnya sawan. Tapi mereka tak bisa menjelaskan apa itu sawan. Saya kasihan melihat kulit putra saya. Bahkan saya tidak tahu apa yang dia rasakan, apakah panas, gatal, nyeri. Tolong bantu saya, bagaimana cara menghilangkannya? Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan kulit bayi seperti itu? Kebetulan putra saya baru berumur 43 hari. Terima kasih. Dewi (22), Jakarta

JAWAB:

Ibu Dewi yang baik, Bintik-bintik merah pada bayi baru lahir dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya karena biang keringat (miliaria), akibat pori kulit yang masih belum terbuka sepenuhnya, iritasi ringan dengan bahan-bahan baju, kain bantal/kasurnya, higiene kulit yang kurang baik, kondisi yang disebut sebagai dermatitis seboroik dan sebagainya.

Begitu banyak hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi tersebut sehingga sebaiknya si kecil dibawa ke dokter untuk konsultasi mengingat kelainan kulit memang sebaiknya harus dilihat langsung.

Bila bayi tidak rewel atau gelisah menangis terus menerus menandakan bahwa kondisi ia tidak merasa gatal/nyeri.Yang penting adalah menjaga higiene bayi dengan optimal, mandi dengan sambut bayi yang lembut, hindari keringat yang berlebihan dan hindari penggunaan bahan-bahan yang potensial menyebabkan iritasi kulit seperti lotion penghangat (minyak telon, kayu putih dan sebagainya).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.