Bebaskan Meja Kerja dari Bakteri

Kompas.com - 27/08/2011, 12:58 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com -  Bagi Anda yang setiap hari berkutat di kantor, hampir 90 persen waktu Anda mungkin dihabiskan di meja kerja, termasuk untuk makan. Karena itu kebersihan meja seharusnya jadi prioritas mengingat jumlah bakteri yang berada di sana 400 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Menurut sebuah survei yang dilakukan American Dietetic Association dan ConAgra Home Food Safety, sekitar 27 persen pekerja melakukan sarapan di meja kerja. Saat makan siang angkanya lebih banyak lagi, mencapai 62 persen dan 50 persen pekerja punya kebiasaan ngemil sambil kerja. Tidak mengherankan, kebiasaan itu lebih banyak dilakukan wanita (60 persen) daripada pria (42 persen).

Seperti disebutkan di awal, meja kerja sesungguhnya adalah sarang bakteri. Namun hanya 64 persen pekerja yang membersihkan komputernya sebulan sekali. Mayoritas menjawab meja kerja bukanlah prioritas untuk dibersihkan dibandingkan dengan meja ruang makan atau lemari dapur.

Untuk mencegah kontaminasi bakteri dari meja, sebaiknya Anda mulai memasukkan kegiatan bersih-bersih meja dalam agenda. Bersihkan secara seksama mulai dari papan ketik, layar komputer, dan permukaan meja.

Gunakan zat antibakteri, hampir seluruh cairan pembersih rumahtangga memilikinya, saat membersihkan meja. Jangan lupa area yang tersembunyi seperti gagang telepon atau laci-laci tempat menyimpan camilan.

Untuk menghindari tumbuhnya jamur, biasakan untuk langsung membersihkan meja setelah Anda makan agar tidak ada remah-remah makanan yang tercecer.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.