Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarapan Sederhana yang Penuh Gizi

Kompas.com - 01/09/2011, 08:58 WIB

Tanya:
Saya selalu berusaha sarapan tiap hari, tapi tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan yang bergizi. Biasanya saya lalu membawa bekal roti gandum dengan keju atau selai kacang. Kalau bosan, saya makan bubur ayam atau kue-kue saja. Cukup sehat enggak sih, makan kue-kue untuk sarapan? (Mandy, via e-mail)

Jawab:
Sarapan pagi memang merupakan saat penting mengisi kebutuhan energi untuk memulai aktivitas dalam satu hari. Namun sebaiknya makanan yang dikonsumsi saat sarapan tetap memenuhi syarat gizi lengkap dan seimbang, yakni kebutuhan kalori sebesar 20 persen dari kebutuhan energi sehari dan mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Jika Mandy tidak memiliki banyak waktu, coba pilih beberapa alternatif sarapan seperti: roti sandwich (isi telur, keju, dan sayuran), atau sereal dengan segelas susu atau roti dan buah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com