Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakteri Super Juga "Ngumpet" di Baju Dokter

Kompas.com - 01/09/2011, 10:14 WIB

Kompas.com — Jas putih yang dikenakan dokter atau seragam para perawat di rumah sakit ternyata bisa menjadi tempat persembunyian bakteri berbahaya yang kebal terhadap obat-obatan.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti dari Israel menemukan bakteri berbahaya pada 60 persen seragam dokter dan 65 persen seragam perawat. Tim peneliti tersebut mengambil sampel usapan dari seragam 75 perawat dan 60 dokter. Usapan dari seragam itu diambil di bagian lengan baju, kantong, dan area perut.

Tim peneliti menemukan bakteri yang kebal obat pada 21 seragam perawat dan 6 seragam dokter. Ditemukan pula 8 contoh bakteri Staphylococcus aureus (MRSA) yang sangat kebal pada antibiotik.

Walau bakteri-bakteri itu tidak menyebabkan penularan secara langsung, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa banyak pasien di rumah sakit yang sangat dekat pada bakteri-bakteri super.

"Pada dasarnya semua pakaian yang dikenakan manusia bisa terkontaminasi oleh mikroorganisme. Untuk mencegah terjadinya penularan kepada pasien, para petugas kesehatan wajib memiliki standar higienitas yang tinggi," kata Russell Olmested, Presiden Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com