Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluhan Selulit pada Pria

Kompas.com - 13/09/2011, 09:19 WIB

TANYA : 

Saya seorang laki-laki, tetapi memiliki kelainan kulit khas perempuan hamil/pasca hamil, yaitu strechmark. Saya telah coba beberapa lotion yang dijual bebas di apotik namun tidak berhasil. Strechmark di tubuh saya banyak di daerah paha dan perut. Bisakah ini dihilangkan Dok?

(Oki, 30 Jakarta)

JAWAB :

Mas Oki di Jakarta, stretchmark atau orang awam sebut dengan selulit bisa didapatkan tidak hanya pada wanita, pria pun memang bisa mendapatkannya. Bahkan, angka kejadian pada pria juga cukup banyak seperti pada wanita.

Stretchmark didapatkan karena kulit yang biasanya bersifat fleksibel dan memiliki kelenturan yang baik mengalami kekurangan elastisitas. Sehingga, terjadilah tanda dari kurangnya elastisitas tersebut yang menyerupai 'robekan'.

Hal ini bisa terjadi pada saat kulit meregang lebih cepat daripada pertumbuhan jaringan kulit yang baru sehingga elastisitas jaringan berkurang.

Saran saya, cobalah anda konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk terapi stretchmark Anda yang terbaik. Selain lokasi, tentu saja sangat penting untuk melihat kondisi stretchmark Anda saat ini, karena hal itu akan mempengaruhi terapi yang akan dipergunakan. Semoga jawaban saya bisa membantu Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com