Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Polusi, Banyak Warga Stroke dan Penyakit Jantung

Kompas.com - 13/09/2011, 11:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Fatmawati Lia G Partakusuma SpPK(K) MM, Selasa (13/9/2011), mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir rumah sakit tempatnya bertugas banyak menerima pasien stroke dan pengidap penyakit kardiovaskular alias penyakit jantung.

”Belum ada peningkatan jumlah pasien yang terkena imbas musim kemarau ini. Maksudnya, belum banyak orang sakit ISPA, DBD, atau diare dirawat di sini. Namun, beberapa waktu terakhir kami justru banyak menerima pasien penyakit jantung dan stroke,” kata Lia.

Menurut Lia, meski tak terkait langsung dengan musim kemarau, penyakit jantung dan stroke erat terkait dengan pola hidup pasien.

”Bisa jadi pasien tidak bagus pola makannya, terlalu banyak makanan berlemak, kurang serat, kurang air putih, kurang olahraga, dan stres tinggi karena kesibukan sehari-hari atau lainnya. Juga tingginya polusi di lingkungan hidupnya,” kata Lia.

Untuk itu, Lia meminta warga ibu kota menjalani hidup sehat. ”Minum air putih 1,5 liter, apalagi saat panas begini. Banyak makan buah dan sayur juga ya,” katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com