Makanan Organik Perpanjang Harapan Hidup

Kompas.com - 17/09/2011, 15:58 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Beralih ke makanan organik tampaknya dapat dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif agar hidup menjadi lebih sehat. Pasalnya, penggunaan bahan-bahan kimia pada produk pangan yang beredar di pasaran saat ini  berpotensi menimbulkan ancaman dan diduga sebagai pencetus timbulnya berbagai macam penyakit.

Studi terbaru yang dimuat journal Critical Reviews in Plant Sciences menunjukkan, mengonsumsi produk makanan organik (buah dan sayuran) setiap hari dalam jumlah sedang dapat memperpanjang usia, menjaga tubuh tetap sehat dan mempertahankan berat badan tetap ideal.

Makanan organik dapat  didefinisikan sebagai semua makanan yang diproduksi dengan sedikit mungkin atau bebas sama sekali dari unsur-unsur kimia (pupuk, peptisida, hormon, dan obat-obatan).

Menurut studi para ahli dari Inggris, Prancis dan Polandia, buah dan sayuran yang tumbuh tanpa pupuk buatan umumnya memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak, termasuk vitamin C. Sehingga, konsumsi makanan organik dapat memperpanjang umur rata-rata seorang pria 25 hari, dan wanita 17 hari.

"Mereka yang sedikit beruntung malahan bisa hidup lebih panjang beberapa bulan dan bahkan ada yang sampai lima tahun," kata para peneliti.

Dr Kirsten Brandt, peneliti utama dari Newcastle University, sekaligus pengamat soal kualitas makanan dan kesehatan mengatakan, pangan organik dapat meningkat kualitas kesehatan seseorang secara umum. Di samping itu, berperan penting dalam membantu tubuh membakar lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

"Angka-angka tersebut cukup relevan, berdasarkan semua informasi yang tersedia. Kebanyakan orang mungkin tidak akan hidup lama, tapi Anda bisa memperoleh beberapa keberuntung dengan memperpanjang usia beberapa bulan, dan bahkan sampai lima tahun, dengan mengonsumsi makanan organik," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.