Keputihan Disertai Nyeri Perut

Kompas.com - 20/09/2011, 14:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dokter, saya sering mengalami keputihan dan terasa sakit, nyeri di perut bagian kiri bawah. Apakah hal ini berbahaya atau tidak dok? Mohon jawabannya terimakasih.   Tata (22)

JAWAB:

Sayang sekali tidak dijelaskan apakah Tata ini nyonya atau nona. Pada prinsipnya tidak boleh ada keputihan yang disertai sakit di perut bawah. Keputihan sering dialami wanita, tapi tidak disertai bau, gatal atau sakit di daerah perut bawah.  Keputihan yang berulang dan disertai rasa sakit bisa mengakibatkan infeksi yang bisa merusak organ kandungan. Untuk itu harus segera diperiksakan ke dokter kandungan. Kalau perlu dilakukan pap smear.

Penting sekali diketahui fisiologi organ kandungan ini, karena pada keadaan normal memang ada kuman di vagina dalam keadaan stabil, sehingga upaya untuk pencegahan terjadinya penyakit pada organ kandungan sangat diperlukan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.