Game "Online" Pecahkan Teka-teki AIDS

Kompas.com - 22/09/2011, 13:26 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Ribuan pemain game memecahkan teka-teki terkait petunjuk pengobatan AIDS. Hanya butuh sepuluh hari bagi mereka untuk menjawab teka-teki seputar enzim yang sudah bertahun-tahun ditekuni para ilmuwan.

Game komputer yang dapat dimainkan secara online tersebut bernama Foldit. Game kolaboratif tersebut dipadukan dengan Tetris dan menganjurkan para pemainnya untuk melipatgandakan jumlah protein hingga tercapai bentuk yang rumit. Para pemain bisa menggunakan berbagai macam tools untuk memelintir, mengguncang, dan mengubah bentuk protein secara interaktif.

"Ini adalah bagian terkecil dari teka-teki pertolongan AIDS," kata Firas Khatib, pakar Biokimia di University of Washington, yang mengetuai tim penulis karya tulis ilmiah dari proyek pengembangan Foldit. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Nature Structural & Molecular Biology, dan menyebut para pemain game, yang notabene bukan pakar biologi, dalam kreditnya.

Pencapaian ini merupakan sebuah tonggak penting dalam sains warga (citizen science), yang mencantumkan para pengguna internet dalam proyek ilmiah skala besar yang tidak dapat diselesaikan komputer dengan mudah.

"Manusia memiliki kemampuan berunding spasial, sebuah kemampuan yang belum dikuasai komputer dengan baik," kata Seath Cooper, ilmuwan komputer University of Washington yang mengepalai perancangan dan pengembangan Foldit. "Game-game menyediakan kerangka yang dapat memperkuat kemampuan komputer dan manusia," Seath menjelaskan.

Selama lebih dari satu dekade, tim ilmuwan internasional berusaha menemukan struktur molekuler enzim dari virus yang mirip AIDS yang dijumpai di resus monyet. Enzim tersebut dikenal sebagai retroviral protease, yang memegang peranan penting dalam penyebaran virus. Jika strukturnya dapat diungkap, para ilmuwan akan dapat merancang obat untuk menghambat penyebaran virus.

Sekitar 57.000 pemain game turut serta memecahkan tantangan Foldit. Mereka mendapat poin berdasarkan energi internal dari struktur protein tiga dimensi yang ditentukan dengan hukum Fisika. Tiap kali ada pemain yang berhasil menemukan struktur yang lebih elegan yang merefleksikan kondisi energi dari molekul tersebut, nilai mereka akan naik. (National Geographic Indonesia/Ni Ketut Susrini)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.